Thursday 9 August 2012

kerajaan istana kuning kota pangkalan bun


  
 ketika anda menjejakkan kaki di pangkalanbun, kalimantan belum lah lengkap abila tidak berkunjung ke istana kuning, situs peninggalan dari kerajaan kotawaringin yang masih tersisa. bangunan megah ini akhirnya  dapat saya masuki sesudah meminta izin dari salah satu kerabat kerajaan. di seputar istana kuning benar-benar masih tinggal keturunan keluarga kerajaan yang dapat kita jumpai untuk sekedar bertanya-tanya mengenai sejarah yang tersimpan dari istana kuning. 

pertama kali memasuki istana yang berwarna coklat yang semuanya terbuat dari kayu ulin ini pernah membuat saya kaget. walau luas, tetapi nyaris tidak ada berisi apapuncuma lukisan-lukisan dari raja-raja terdahulu dan sebuah kereta kuda yang nampaknya biasa dipergunakan oleh keluarga kerajaan terdahulu buat berkeliling. tetapi nyatanya, mendengar cerita dari sang kerabat kerajaan, ali, istana kuning baru saja selesai dipugar, sesudah pada th. 1986 sempat dibakar oleh seorang wanita gila yang bernama draya. seluruh isi tersebut bangunan hangus terbakar. kereta kuda tersebut-pun nyatanya adalah kereta kuda baru yang dipesan dari tempat jawa jadi salah satu pemanis yang nantinya akan dipajang waktu seluruh bangunan sudah diisi kembali. 
sungguh sayang, peninggalan histori  ini telah tidak bisa dinikmati didalam bentuk aslinya. 
mengapa istana kuning ? itulah yang saya tanyakan pada ali. nyatanya warna kuning adalah warna keramat untuk orang-orang kotawaringin, sehingga disebut istana kuning. istana kuning didirikan oleh pangeran ke-9, imanudin yang menjabat pada th. 1811-1841. istana kuning adalah istana kedua yang dibangun. istana pertama adalah istana al mursari yang ada di kotawaringin lama. memandang ke bawah dari istana kuning nyatanya sungguh indah. dibagian belakang, kita dapat lihat taman keraton indah sari yang dulunya adalah alun-alun istana, tetapi sekarang ini, taman tersebut bebas dipakai oleh warga buat bersantai. memandang dari taman ke arah istana kuning-pun tidak kalah menarik. bangunan tersebut tampak menambah keindahan taman. rencananya, bangunan yang baru kembali dipugar pada th. 2000 ini akan selekasnya ditempati oleh raja ke 15 yang baru saja dilantik, pangeran ratu alidin alamsyah. semoga saja dengan berdiri kembali istana kuning, dapat terus mempertahankan histori waktu lalu kerajaan ini. sebab apalah artinya waktu kini tanpa dapat studi dan mengerti waktu lalu

No comments:

Post a Comment